Welcome to the Hymotion news site!

Join & write to build impactful stories

Today: 29/12/2023

1 tahun ago
0 views

Begini Cara Memasang Backlink di Blog Sesuai Jenisnya

Cara Memasang Backlink di Blog

Cara memasang backlink di Blog sesuai dengan jenisnya ternyata memang sering dicari banyak orang. Meskipun backlink memiliki kode yang hampir sama, namun ternyata cara pemasangannya pun berbeda. Hal ini dikarenakan tiap backlink memiliki fungsi dan perannya masing-masing.

Secara umum, backlink dapat diartikan sebagai tautan yang ketika ditekan akan mengarah pada suatu halaman yang berbeda. Meski terlihat sepele, namun pemahaman mengenai backlink tentu sangat penting. Terutama bagi blogger dan juga web developer. Berikut merupakan cara memasang backlink sesuai dengan jenisnya:

Kenali Apa Itu Backlink

Cara Memasang Backlink di Blog

Seperti yang telah disinggung pada kalimat pembuka, backlink merupakan tautan yang jika ditekan akan menuju pada situs lain. Tentu backlink yang diberikan informasinya tidak beda jauh dengan informasi sebelumnya. Masih ada keterkaitan pembahasan antar dua situs tersebut. Pastikan terlebih dahulu jika backlink yang dicantumkan tidak menyimpang dari pembahasan sebelumnya.

Menambahkan backlink pada suatu website, juga akan membuat situs yang dimiliki semakin terpercaya dan terverifikasi. Apabila situs tersebut sudah terverifikasi dan terpercaya, maka situs akan muncul pada halaman awal pencarian. Namun apabila situs tersebut belum bisa dipercaya, maka situs akan muncul pada halaman selanjutnya.

Melalui backlink, blogger juga bisa saling terhubung dengan pemilik situs lain. Sehingga bisa menimbulkan kerjasama menguntungkan di antara keduanya. Biasanya kerjasama ini bisa berlangsung apabila kedua situs memiliki pembahasan di bidang yang sama. Selain itu visi misi yang hampir seimbang juga menjadi perhitungan.

Jenis Backlink yang Bisa Dipasang di Blog

Meskipun backlink memiliki berbagai macam jenis, namun tidak semua jenis backlink bisa dipasang pada Blog. Hanya terdapat beberapa jenis saja yang bisa dipasang pada Blog. Tentu hal ini disesuaikan dengan fitur yang dimiliki oleh Blog itu sendiri. Berikut merupakan jenis dan cara memasang backlink di Blog:

1. Blog Comment Backlink

Jenis backlink yang pertama yaitu blog comment backlink. Cara memasang backlink di Blog dapat dilakukan dengan cara memberikan komentar yang telah tersedia. Blogger hanya perlu menyalin link Blog nya untuk kemudian ditambahkan pada kolom komentar.

Namun tentu tidak semua halaman dan Blog menyediakan kolom komentar. Maka dari itu, blogger harus pandai mencari laman Blog yang didalamnya memiliki kolom komentar. Jika sudah menemukan Blog yang menyediakan kolom komentar, segera paste link Blog supaya terbaca oleh orang lain.

2. Contextual Backlink

Jenis backlink selanjutnya yaitu contextual backlink. Biasanya pada laman yang menyediakan content management system, blogger bisa menyisipkan link profilnya sendiri melalui karyanya. Jenis backlink ini dapat diandalkan untuk menyebarkan dan membangun backlink dengan cepat.

Untuk memasang backlink jenis ini, blogger hanya perlu membuat tulisan yang didalamnya memuat pembahasan sama. Kemudian arahkan pembaca untuk membaca backlink yang telah diberikan sebelumnya. Beri pembahasan tambahan agar pembaca tidak merasa ditipu.

3. Blogroll Backlink

Biasanya, blogroll backlink tersedia pada bagian sisi kanan maupun kiri. Sisi tersebut sering disebut sebagai sidebar. Tentu pengunjung akan semakin tertarik apabila backlink ditempatkan pada tempat tersebut.

Untuk memasang backlink jenis blogroll backlink, blogger hanya perlu paste link Blog pada area sidebar yang disediakan. Namun saat ini, hanya sedikit pemilik akun Blog yang mengaktifkan sidebar pada akunnya.

Cara memasang backlink di Blog memang terlihat mudah, hanya sekedar tempel link yang dimiliki. Namun tentu blogger juga harus pandai memilih situs yang akan diberi backlink. Tujuannya agar tidak dianggap sebagai spam backlink.

Baca juga: 2 Cara Daftar Adsense Blogspot Dengan Mudah!