Optimalisasi Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis

Teknologi informasi dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan. Menariknya lagi, perkembangan teknologi informasi ini begitu cepat serta diiringi dengan perkembangan di bidang-bidang lainnya, termasuk dunia bisnis. Mulai dari teknologi informasi yang masih sederhana hingga menjadi teknologi informasi yang kompleks dan modern.

Demikian juga dengan bisnis; mulai dari bisnis manual yang umumnya hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang dengan latar belakang ilmu dan pengalaman yang terkait dengan perusahaan hingga bisnis yang dapat dirintis oleh siapa saja (siswa, mahasiswa, ibu rumah tangga, kaum disabilitas, petani, dll). Semua ini adalah bukti keterkaitan yang erat dalam penggunaan teknologi internet dalam bisnis.

Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis

Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis
source: bestcamp.co.id

Penggunaan teknologi internet dalam bisnis di era serba digital ini adalah hal yang biasa. Bahkan bisa dibilang sangat wajar. Justru akan terasa kurang wajar jika di zaman modern seperti sekarang ini tidak banyak pelaku bisnis yang tidak memanfaatkan internet untuk mendongkrak popularitas bisnis mereka. Tentu akan sangat merugikan. 

Soal Akses

Jelas sangat rugi karena ada banyak hal yang menghambat pertumbuhan bisnis yang tengah dibangun. Misal soal akses. Tanpa internet, akses, baik akses ke konsumen maupun akses dari konsumen akan terbatas. Mari kita ingat-ingat pola bisnis konvensional yang dulu pernah ada sebelum internet booming seperti sekarang ini. 

Baik konsumen maupun pelaku bisnis memiliki jangkauan akses yang terbatas. Contoh: Anda adalah seorang pelaku usaha penyedia packaging unik dan ramah lingkungan; dan kini Anda memiliki varian produk baru yang Anda namakan eco-friendly standing pouch. Meski Anda baru saja merilis produk baru dengan tampilan yang unik, fungsional, praktis, dan bahkan sangat ramah lingkungan, Anda akan kesulitan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikannya kepada khalayak ramai. Maksimal Anda hanya dapat melakukannya kepada para pelanggan setia Anda. Akan sulit rasanya untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas tanpa adanya dukungan dari teknologi internet. 

Marketing

Akan berbeda kondisinya apabila sedari awal Anda merintis bisnis Anda ini dengan melibatkan internet. Ada begitu banyak kemudahan dan keuntungan yang akan didapat. Misal dari segi marketing. Katakanlah Anda hobi bermain Instagram. Anda bisa memanfaatkan akun Instagram Anda sebagai alat marketing. 

Anda ubah fungsi Instagram Anda sebagai media promosi produk bisnis Anda. Hanya bermodalkan Smartphone saja, Anda bisa memperluas jangkauan pasar Anda. Manfaatkan akun Instagram Anda untuk menarik followers agar bersedia melihat konten-konten Instagram Anda. Melalui konten yang Anda bagikan, secara tidak langsung Anda telah mempraktikan pemasaran produk dengan cara instan dan mudah. Belum lagi ketersediaan fitur-fitur pendukung yang disediakan oleh Instagram. 

Followers

Nah, terkait dengan followers pada media sosial Instagram, followers memegang peranan yang sangat penting dalam bisnis berbasis digital. Bahkan bisa dibilang bahwa followers ini adalah kunci untuk mendapatkan peluang sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Jumlah followers pada Instagram rupanya turut membantu dalam mendapatkan konsumen potensial sebanyak-banyaknya. Tak heran jika sekarang ini banyak pelaku bisnis online yang tak ragu untuk memanfaatkan jasa buy followers atau sering disebut beli followers untuk mendongkrak bisnis online mereka.

E-commerce

Berbagai bentuk penggunaan teknologi internet dalam bisnis sering disebut dengan istilah e-commerce. Ada banyak bentuk kegiatan yang bisa kita jumpai dalam e-commerce. Tidak hanya soal marketing via online saja, melainkan juga kegiatan yang ada kaitannya dengan transaksi (transfer pasca pembelian via online, uang elektronik), rekap data konsumen, dan pertukaran data konsumen. Nah, ini adalah bukti bahwa penggunaan teknologi internet dalam bisnis terasa sekali manfaatnya. 

Meski begitu, ada juga sisi negatifnya. Misal soal citra sebuah brand bisa ‘jatuh’ sewaktu-waktu ketika ada ketidakpuasan konsumen terhadap brand tersebut. Dampaknya sangat masif dan langsung karena informasi yang diterima oleh para konsumen lain mengenai hal ini juga sangat cepat. 

Mungkin Anda saat ini sedang mencoba peruntungan baru dengan cara ingin merintis sebuah bisnis online impian Anda, jangan ragu untuk optimalkan penggunaan internet untuk bisnis Anda. Nah, agar bisnis Anda berjalan lancar dan cepat tumbuh dan berkembang, berikut kami bagikan tips gunakan internet untuk bisnis Anda. 

Baca juga: Kenapa harus menggunakan Pakar SEO dan layanan Pemasaran Digital

Cari Informasi Seputar Bisnis yang Prospektif

Anda dapat mencari referensi ide bisnis online yang kiranya memiliki prospek yang baik hingga beberapa waktu ke depan. Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda dapatkan via internet, mulai dari ide bisnis kuliner, minuman kekinian, reseller online, fashion & style, dan masih banyak lainnya. Pastikan Anda memilih ide bisnis yang sesuai dengan minat, pengalaman, dan bidang yang Anda kuasai. 

Pasca menemukan dan memutuskan ide bisnis yang akan dirintis, langkah selanjutnya adalah pikirkan konsep dan branding. Kedua poin ini juga tak kalah penting karena keduanya kelak akan dikaitkan dengan besar-kecilnya peluang bisnis Anda. 

Digital Marketing lebih Efektif

Sudah diakui bahwa digital marketing, terutama social media marketing, jauh lebih efektif dan membuahkan hasil yang sangat baik bila dibandingkan dengan marketing konvensional. Ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan social media marketing. Salah satunya adalah akses yang mudah dan cepat. 

Faktor pendukung lainnya adalah keterjangkauan yang luas di mana dengan melalui media sosial, Anda dapat mempromosikan produk Anda hingga ke mancanegara sehingga mampu melampaui target pasar Anda. 

Kemudian terkait dengan branding, dengan menggunakan dukungan teknologi internet, produk atau jasa Anda akan lebih mudah dikenal. Bahkan dengan kualitas layanan yang baik, akan ada banyak konsumen yang melakukan repeat order. Kepercayaaan konsumen semacam ini akan secara tidak langsung meningkatkan branding produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Bangun Komunikasi dengan Konsumen

Untuk terus mendapatkan kepercayaan dari para konsumen, selain selalu memberikan layanan yang berkualitas, rasanya penting juga untuk membangun komunikasi dengan mereka. Komunikasi dapat dibangun dengan mudah berkat teknologi internet. Melalui fitur Direct Message (DM) pada Instagram, fitur chat Whatsapp, dan bahkan fitur kolom komentar pada semua media sosial. Fitur-fitur ini bisa menjadi media interaksi Anda dengan para konsumen Anda. Dari fitur-fitur ini, Anda dapat merespon komentar yang mungkin bisa berupa feedback yang positif, saran & kritik, keluhan, atau bahkan komplain dari konsumen. 

Bentuk lain dari komunikasi dengan konsumen misalnya adalah dengan menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Misal, adanya opsi layanan COD; atau bentuk komunikasi lain adalah dengan menawarkan payment system yang mudah, praktis, dan cepat. M-Banking, misalnya, bisa menjadi opsi terbaik untuk mendapatkan proses transaksi yang aman, mudah, dan praktis. Kemudahan inilah yang bisa kita maksudkan sebagai upaya menjalin komunikasi secara dekat dengan para konsumen. 

Merealisasikan ide bisnis tentu tidak mudah. Akan tetapi, semua akan terasa lebih mudah dengan penggunaan teknologi internet dalam bisnis secara optimal. Anda hanya perlu membidik aspek mana yang akan Anda optimalkan. Marketing, branding, dan interaksi adalah aspek yang wajib Anda pertimbangkan.