Bukan Formalitas, Ini 10 Alasan Pentingnya Pendidikan Guna Sambut Era Industri 4.0

10 alasan pentingnya pendidikan ini harus kita ketahui agar bisa mempersiapkan pendidikan sebaik mungkin. Pendidikan adalah bekal untuk masa depan semua orang. Pendidikan faktanya menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sekarang ini. Terlebih di zaman modern ini. Dengan bekal pendidikan, seseorang dapat diukur nilai, kualitas, dan potensi diri. Nah, tiga hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi karir dan profesi yang dijalani di masa yang akan datang. 

Ada banyak hal di kehidupan kita yang nantinya akan dipengaruhi oleh pendidikan yang kita punya. Semakin baik pendidikan yang kita peroleh, semakin terbuka dan bertambah pula wawasan dan potensi kita untuk menghadapi masa depan. Selain itu, ada beberapa peran penting lainnya dari pendidikan yang wajib kita miliki. Apa saja kira-kira pentingnya peran pendidikan bagi kita? Berikut 10 alasan pentingnya pendidikan.

Memperoleh Masa Depan yang Terarah dan Stabil

Bukan Formalitas, 10 Alasan Pentingnya Pendidikan Guna Sambut Era Industri 4.0

Ini adalah fakta bahwa dengan berbekal pendidikan yang baik, kita akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang baik. Dampak positif dari adanya bekal pendidikan adalah kondisi finansial di masa depan yang stabil dan mapan. 

Pendidikan di sini dapat diibaratkan sebagai jendela pembuka wawasan yang dapat membantu kita untuk menilai segala hal dengan baik dan bijak. Kita juga dapat menempatkan diri kita di posisi yang tepat. Dengan bekal pendidikan pula kita mampu menjalankan sesuatu yang kita tidak tahu sebelumnya, menjadikan kehidupan kita jauh lebih terarah. 

10 Alasan Pentingnya Pendidikan: Kesempatan Kerja Lebih Luas

Hingga saat ini dan mungkin di masa yang akan datang, kesempatan kerja yang bisa didapatkan oleh seseorang dapat diukur dari profil pendidikan yang ia miliki. Fakta menunjukan bahwa mereka dengan bekal pendidikan yang mumpuni berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan tetap dan relatif tinggi (meski besar-kecilnya gaji bersifat relatif). 

Bandingkan dengan orang lainnya yang hanya memiliki kapasitas pendidikan rendah. Jenis pekerjaan yang tersedia pastinya berbeda (berada di level yang lebih rendah daripada mereka yang memiliki riwayat pendidikan tinggi). Kemudian gaji yang diterima juga relatif lebih rendah. Bekal ilmu yang didapat sejak sekolah hingga kuliah tentunya menjadi investasi untuk memunculkan beragam inovasi, kreativitas, dan skill yang siap dimanfaatkan di dunia kerja. 

Berpeluang Besar untuk Dapatkan Kemapanan 

Rasa-rasanya menjadi hal yang sangat wajar jika kemapanan seseorang kurang lebih dipengaruhi faktor pendidikan. Orang dengan bekal pendidikan lebih berpeluang untuk memperoleh karir dengan gaji yang relatif tinggi, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, investasi masa depan, menabung, dan bahkan untuk persiapan masa depan keluarga dan anak nantinya. Selain itu, semakin terdidik seseorang, semakin banyak juga pilihan karir yang bisa ia dapatkan. 

10 Alasan Pentingnya Pendidikan: Menjadikan Individu yang Mandiri

Salah satu dari 10 alasan pentingnya pendidikan adalah menjadikan seseorang menjadi pribadi yang mandiri, terutama mandiri secara finansial. Baik pria maupun wanita, keduanya tidak perlu bergantung dengan orang lain. 

Pendidikan Ubah Impian Menjadi Kenyataan

Semua orang pastinya memiliki impian dan impian tersebut bisa diwujudkan dengan bekal pendidikan yang kita punya dan pastinya disertai dengan kerja keras. Misal kita ingin menjadi orang yang turut berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kita bisa mewujudkannya dengan cara bersekolah atau menempuh pendidikan untuk menjadi calon pendidik. Dengan kerja keras selama berkuliah, tentu kita bisa menjadikan impian kita tersebut menjadi sebuah kenyataan. Bekal ilmu dan pengalaman yang kita dapat selama berada di bangku kuliah bisa kita aplikasikan pada dunia kerja kita, yaitu sekolah atau jenis institusi pendidikan lainnya. 

10 Alasan Pentingnya Pendidikan: Bisa Bedakan Baik & Salah

Peran penting pendidikan lainnya adalah kita bisa bedakan mana yang benar dan mana yang salah. Sangat manusiawi jika kita pernah melakukan kesalahan. Dari kesalahan yang pernah kita perbuat, setidaknya kita sadar akan konsekuensi atas perbuatan salah yang pernah kita lakukan. Nah, dari sini kita bisa belajar dari kesalahan kita. Alhasil, kita enggan melakukan kesalahan yang sama; apalagi sampai melanggar hukum dan nilai moral & sosial. 

Tak hanya itu, pendidikan juga sangat mengedukasi kita akan hak dan tanggung jawab di tengah kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu, kita akan mengetahui batas-batas terkait dengan nilai moral dan nilai moral yang berlaku di masyarakat. Secara tidak langsung, pendidikan menjadikan kita pribadi yang ‘takut’ akan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. 

Contoh: masyarakat yang berpendidikan biasanya enggan melakukan tindakan-tindakan kriminal karena memikirkan konsekuensi yang mungkin timbul akibat tindakan kriminal yang diperbuat. Orang yang berpendidikan biasanya akan berusaha menjaga nama baiknya, jadi rasanya kurang etis apabila sampai nekat berbuat kriminal. 

10 Alasan Pentingnya Pendidikan: Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Pendidikan yang telah didapat adalah bukti bahwa kita mempunyai pengetahuan yang dapat memberi manfaat bagi publik. Nah, dengan bekal pengetahuan semacam ini, orang berpendidikan biasanya berpeluang untuk didengarkan serta ditanggapi oleh publik.

Sebaliknya, orang yang merasa tidak punya kapasitas pendidikan yang mumpuni akan cenderung kurang percaya diri untuk menyampaikan suatu pendapat atau pandangan di depan publik. Misalnya pun berani menyampaikan opini atau pandangan, mungkin tak banyak orang yang menghiraukannya. 

Berpeluang Besar untuk Berkontribusi di Lingkungan Masyarakat

Orang dengan kapasitas pendidikan yang tinggi berpeluang besar untuk aktif dan berpartisipasi di tengah lingkungan masyarakat. Ia memiliki visi dan misi yang jelas. Misal ingin memajukan masyarakat sekitar atau ingin memberi perubahan yang positif.

Berpeluang untuk Berkontribusi dalam Perekonomian Bangsa

Kita bisa ambil contoh 3 negara maju, yaitu Amerika Serikat, Jepang, dan Australia. Ketiga negara ini adalah contoh negara dengan rate buta aksara yang sangat rendah. Kemudian jika dilihat dari aspek kesejahteraan, ketiga negara maju ini sangat makmur. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata pendapatan per kapita penduduknya sangat tinggi. Sementara itu, negara-negara berkembang seperti Indonesia masih memiliki problematika buta aksara yang cukup tinggi. Tak heran jika persentase jumlah masyarakat kita yang hidup di garis kemiskinan masih relatif tinggi. 

Terhindar dari Aksi Tipu-Tipu

Umumnya orang yang memiliki bekal pendidikan yang tinggi juga cenderung terhindar dari berbagai bentuk aksi tipu-tipu. Mengapa? Karena ia memiliki wawasan yang luas, ia tidak akan mudah percaya pada orang asing. Apalagi jika orang asing tersebut tampak tidak meyakinkan, terutama dari informasi yang telah disampaikan. 

Baca juga: Optimalisasi Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis

Nah, dari 10 alasan pentingnya pendidikan ini kita semakin sadar bahwa pendidikan adalah kebutuhan bagi semua orang. Siapapun berhak mendapat pendidikan seperti yang telah tercantum dalam UUD 1945. Pendidikan dapat ditempuh tidak hanya di institusi pendidikan formal, melainkan juga bisa didapatkan dari institusi non-formal (untuk pendidikan non-formal) seperti kursus, les privat, program bimbingan belajar, dan lain sebagainya. 

Nah, Anda bisa kunjungi situs academia.co.id untuk mendapatkan info lengkap seputar pendidikan. Sebagai salah satu pusat informasi pendidikan nomor satu di Indonesia, academia.co.id menyediakan ragam info pendidikan yang lengkap dan tentunya bermanfaat bagi para pembaca. Sudah mulai penasaran? Segera akses situsnya dan silahkan share komen di kolom komentar di bawah ini.